Sabtu, 18 September 2010

city of ember


Teridentifikasi arsitek dan insinyur, yang disebut sebagai “Pembangun”, merancang sebuah kota mandiri yang akan mencakup segala sesuatu yang diperlukan bagi penduduk untuk bertahan hidup selama 200 tahun. Selama waktu itu, bumi akan dihuni karena alasan yang tidak ditentukan. Setelah kota selesai, Pembangun memberikan walikota pertama sebuah kotak terkunci yang akan diturunkan ke wali kota berikutnya sampai kotak itu terbuka secara otomatis.

Untuk beberapa generasi, kotak itu setia diturunkan dari satu walikota ke walikota berikutnya hingga yang ketujuh, berharap bahwa kotak tersebut dapat memuat obat untuk batuk mematikan yang menjangkiti banyak warga kota pada saat itu, dia mengambil kotak itu ke rumah dan mencoba untuk memecahkannya agar terbuka. Dia tidak berhasil membuka kotak, dan mati sebelum ia mampu mengembalikan kotak, atau memberitahu orang lain tentang pentingnya kotak tersebut. setelah 200 tahun, kotak itu terbuka secara otomatis dan memberikan instruksi kepada penduduk kota itu tentang cara untuk kembali ke permukaan. berharapkan bahwa pada saat itu bumi akan didiami lagi.

Cerita melompat maju pada tahun 241. Hal ini jelas kota ini sudah mulai melemah. Infrastruktur mulai runtuh, dan generator besar yang memberikan cahaya dan kekuatan untuk kota ini pada level akhir. kota terancam karna kekurangan daya generator dan sering terjadi pemadaman yang lebih lama dari pada biasanya . Selain itu, timbunan makanan kaleng dan pasokan semakin rendah.

Pada upacara wisuda di mana orang-orang muda ditugaskan pekerjaan mereka, Lina Mayfleet diberikan tugas “Pipeworks Buruh”, sementara Doon Harrow ditugaskan menjadi “Messenger “ mereka tidak bahagia dengan tugas mereka, akhirnya mereka berdua memutuskan untuk bertukar pekerjaan.

Doon melapor ke pekerjaannya di pipa berharap menemukan cara untuk menyelamatkan Ember. Dia langsung menyadari, bahwa dia tidak tahu apa-apa tentang generator atau cara kerjanya. Namun, Lina bahagia dengan pekerjaannya sebagai kurir. Dia berjalan ke dan dari dalam kota mengirim pesan. Dia bahkan memiliki hak untuk mengirim pesan ke wali kota dari seorang pria aneh bernama Looper.

Di rumah, Lina tinggal bersama nenek dan adiknya Popy. Suatu hari, Lina menemukan adiknya bermain dengan secarik kertas tua dalam sebuah kotak tua yang ia ditemukan di tengah-tengah apartemen yang berantakan. Sebelum Lina bisa menghentikannya, Poppy mengunyah sebagian kertas itu. Lina menyimpan memo dan mencoba untuk mencari tahu apa artinya. Akhirnya, ia meminta Doon untuk melihat pesan. Bersama-sama, mereka memecahkan teks dan menemukan bahwa itu adalah petunjuk tentang cara untuk melarikan diri dari kota. Mereka juga menemukan kotak yang diturunkan dari walikota yang ke tujuh, yang ternyata masih ada hubungan keturunan dengan Lina. Kotak itu telah menunjukkan angka 00, yang berarti bahwa itu adalah waktu yang ditetapkan untuk mengikuti petunjuk yang seharusnya diikuti dalam rangka untuk melarikan diri dari kota.

Sementara itu nenek Lina meninggal. Lina dan popy akhirnya tinggal dengan tetangga sebelah mereka, Mrs.Murdo.

Lina dan Doon menjelajahi terowongan di Pipeworks untuk mencoba dan menemukan pintu keluar. Mereka bertemu Looper disana dan mengetahiu bahwa ia dan walikota menjaga pasokan makanan bagi diri mereka sendiri. Ketika Lina dan Doon mencoba untuk melaporkan pencurian itu, walikota memerintahkan untuk menangkap mereka berdua. Lina mengajak Popy dan mereka bertiga melarikan diri melalui sungai bawah tanah, di mana mereka menemukan perahu untuk menyebrangi sungai tersebut.

Ketika perahu berhenti, mereka melihat dunia alam dan menemukan sebuah jurnal tua yang menjelaskan sejarah Ember. Pembangun memutuskan untuk melindungi 100 orang dewasa dan 100 anak-anak untuk memastikan bahwa umat manusia akan selamat. Lalu mereka mengintip melalui celah di dalam gua dan terkejut melihat remang-remang, akhirnya mereka melihat lampu-lampu kota yang berkilauan. Mereka tidak pernah tahu bahwa selama ini tinggal di bawah tanah.

Doon dan Lina tidak dapat kembali ke kota namun, mereka ingin warga kota bertahan hidup. akhirnya mereka menulis catatan yang menjelaskan bagaimana untuk keluar kota menggunakan sungai bawah tanah. Mereka melemparkan catatan ke dalam lubang sehingga akan jatuh ke dalam Ember. Novel ini diakhiri dengan Mrs Murdo, seorang wanita yang telah merawat Lina dan Poppy, menemukan bungkusan yang berisi catatan.

the end c:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar